Mengubah file video di handphone ke PC

Jumat, 01 Oktober 2010

Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan handphone bukan? Ya… handphone adalah salah satu alat komunikasi tanpa kabel yang bisa dibawa ke manapun kita pergi. Berbeda dengan telepon rumah yang tidak dapat dibawa-bawa. Saat ini teknologi handphone sudah semakin canggih. Bahkan saat ini kita sudah bisa menelepon sambil melihat lawan bicara kita, seperti teleconference. Salah satu fasilitas handphone saat ini adalah dapat merekam gambar bergerak atau istilah asingnya ‘video recorder’. Apakah hasil rekaman video di handphone bisa langsung di lihat di komputer ? Mau tahu jawabannya ? Silahkan baca kelanjutan artikel ini…

Sekarang mari kita sama-sama membahas cara mengubah rekaman video (hasil rekaman video di handphone) ke komputer. Biasanya, hasil rekaman video di handphone ekstensinya adalah .3gp. 3GP (Third Generation Platform) merupakan sebuah format baru untuk file multimedia (video dan audio) pada GSM mobile phone. File ini mendukung MPEG-4 dan H.263 untuk standar video serta AAC dan AMR untuk standar audio. Banyak mobile phone yang memiliki faslitas untuk merekam video ke dalam format 3GP dan memainkannya kembali seperti Nokia, Motorola dan Sony Errisson. Kita juga bisa memainkan 3GP file dengan menggunakan aplikasi QuickTime Player dan dan RealAudio Player.

3GP dapat dikonversi ke dalam beberapa format file multimedia. Hal penting yang harus dilakukan sebelumnya, kita harus memasukkan file .3gp yang ada di handphone ke komputer, bisa dengan kabel data, bisa juga dengan USB Bluetooth, atau bisa juga dengan infra red. Itu semua tergantung dari fasilitas yang dimiliki komputer dan handphone kita. Nah, setelah file .3gp sudah tersedia di computer, kita baru bisa mengkonversinya ke dalam format file multimedia lain. Caranya sebagai berikut:

  1. Mengkonversi 3GP ke RAW AVI dengan menggunakan 3gpToRawAvi converter.


    1. Unzip 3gpToRawAvi.zip pada direktori tertentu, misalnya C:\3gpToRawAvi. Pindahkan 3GP file yang ingin dikonversi ke direktori tersebut.
    2. Masuk ke Console dengan cara klik tombol Start, pilih menu Run, ketik "cmd", tekan tombol Enter atau OK untuk menampilkan Command Prompt Windows.
    3. Masuk ke drive lokasi aplikasi 3gpToRawAvi berada misal C:\ dengan mengetikkan "C:" dan menekan tombol enter
    4. Masuk ke direktori lokasi aplikasi 3gpToRawAvi berada misal C:\3gpToRawAvi dengan mengetikkan "cd 3gpToRawAvi" dan menekan tombol enter
    5. Pada direktori C:\3gpToRawAvi> ketikkan "3gptorawavi <> -o " diikuti dengan menekan tombol Enter, contohnya "3gptorawavi Video1 -o Video2"
    6. Setelah program dijalankan, pada direktori tersebut akan muncul file hasil konversi dalam format RAW AVI
  2. Jika belum memiliki softwarenya, kamu bisa mendownload dari http://www.allaboutsymbian.com/downloads/3gpToRawAvi.zip

  3. Mengkonversi 3GP ke AVI dengan menggunakan Mobile 3GP converter.
  4. Jika belum memiliki softwarenya, kamu bisa mendownload dari http://www.miksoft.net/mobile3GPconverter.htm Setelah proses download selesai, ekstrak paket filenya (bisa dengan software Winzip), lalu instal software Mobile 3GP Converter tersebut. Setelah instalasi selesai, coba jalankan software tersebut. Tampilannya tampak seperti di bawah ini :

    Image






















    Jendela utama aplikasi ini terbagi dalam dua frame yakni frame Multiple File Conversion untuk mengubah format beberapa file secara simultan, dan frame Single File Conversion untuk mengubah format satu file saja.

    Bekerjalah di salah satu frame. Sedikit catatan, frame yang sedang digunakan berubah warna menjadi putih. Setelah itu, tentukan lokasi file 3gp yang akan dikonversi dengan mengklik [Browse]. Tentukan juga lokasi peyimpanan file hasil konversi dengan mengklik tombol [Browse].

    Jika ingin, Anda bisa hanya mengambil rekaman video atau suaranya saja. Caranya dengan memberi tanda centang pada [Convert Only Video], atau pada [Convert Only Audio]. Jika ingin konversi yang lengkap, kedua boks tersebut bisa ditandai. Jika semua pengaturan telah dibuat, klik [Convert Now!] untuk memulai proses konversi.

  5. Mengkonversi 3GP ke AVI dengan dengan QuickTime Player.
  6. Jika belum memiliki softwarenya, kamu bisa mendownload dari http://www.apple.com/quicktime/download/ . Kemudian export file tersebut ke dalam format AVI.

    Image





















Bagaimana… mudah bukan..? Selamat mencoba…

Daftar Istilah :

  1. GSM : Global System For Mobile Communication (standarisasi yang dibentuk di Eropa tahun 1982 untuk komunikasi)
  2. AAC : Advance Audio Coding (Format ekstensi file untuk audio)
  3. AMR : Audio Modem Riser (Format ekstensi file untuk audio biasanya dari handphone)
  4. H.263 : Standar kompresi video dari ITU (International Telecommunication Union) yang di arahkan untuk mengirimkan gambar video berkecepatan rendah mulai dari 20-30Kbps ke atas dan sering digunakan dalam konferensi video melalui Internet

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Langkah Cerdik Menjadi Member Ultimate Vemma