Mengenal Ekstensi Nama Berkas

Jumat, 01 Oktober 2010

Teman-teman pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Microsoft Word kemudian disimpan dengan nama "contoh". Maka jika kita lihat nama file tersebut dari windows explorer akan menjadi "contoh.doc". Nah, akhiran .doc inilah yang disebut dengan ekstensi file (nama ekstensi berkas).

Jadi, dengan kata lain, filename extension atau akhiran nama berkas digunakan untuk menandakan isi atau format dari berkas tersebut. Sebagai contoh .GIF menunjukkan berkas image (gambar) yang menggunakan format GIF, dan seterusnya. Berikut ini adalah beberapa daftar ekstensi berkas :

doc (document)
Image
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Word

xls (excel spreadsheet)
Image
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Excell

ppt (Powerpoint Presentation)
Image
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Power Point

htm, html (hyper text markup)
Image
merupakan nama ekstensi berkas yang mendukung web design. Berkas dengan ekstensi .htm dapat dibuka dengan aplikasi "Notepad" atau dengan Microsoft Frontpage

txt (text)
Image
merupakan nama ekstensi berkas dalam teks (berupa kode ASCII). Untuk membuka berkas dengan ekstensi ini cukup menggunakan aplikasi "Notepad"

gif (Graphics Interchange Format)
Image
merupakan salah satu nama ekstensi gambar. Berkas ini dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop, atau dapat dibuka dengan aplikasi Internet explorer.

jpg, jpeg
Image
sama dengan ekstensi .gif, ekstensi berkas jpeg dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop, atau dapat dibuka dengan aplikasi Internet explorer. File (berkas) gambar ini dikembangkan oleh "Joint Photographic Experts Group"

bmp (bitmap)
Image
merupakan salah satu nama ekstensi gambar. Berkas ini dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Paintbrush, atau bisa juga dibuka dengan aplikasi Adobe Photoshop.

psd (Photoshop Data File)
Image
merupakan salah satu nama ekstensi gambar yang hanya dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop.

zip
Image
merupakan berkas yang dipadatkan (compress) dengan menggunakan format ZIP. Format ini umum di gunakan di sistem yang berbasis Windows. Kompresi dilakukan dengan menggunakan program PKZIP dan dibuka dengan menggunakan program PKUNZIP. Untuk versi Windows digunakan program Winzip.

pdf (Portable Document Format)
Image
merupakan berkas dalam format Adobe PDF. Dapat dibuka dengan menggunakan program Adobe Acrobat Reader.

hlp
Image
merupakan berkas bantuan. Biasanya berisi bantuan mengenai penggunaan sebuah software / aplikasi program.

gz (G-Zip)
berkas dikecilkan dengan menggunakan kompresi gzip (GNU zip). Umum digunakan pada sistem UNIX. Biasanya digabung dengan program tar.

mid, midi
merupakan berkas dengan format MIDI (lagu). Hanya dapat dibuka dengan software / aplikasi yang mendukung penggunaan MIDI.

ps
Berkas berisi format PostScript yang umum digunakan untuk printer PostScript. Berkas ini dapat juga dilihat dengan menggunakan PostScript viewer seperti Ghostscript. Atau dikonversikan ke format PDF dengan menggunakan Adobe Distiller.

rpm
RedHat (Linux) package

sdw
Berkas Star Office wordprocessor

tar
merupakan gabungan dari beberapa berkas yang dijadikan satu. Berkas ini dihasilkan dengan menggunakan program "tar" di sistem UNIX.

tar.gz, tgz
Merupakan gabungan pengolahan tar dengan gzip

tex
Berkas dalam format TeX atau LaTeX, text processor yang umum digunakan di sistem UNIX. (TeX dan LaTeX tersedia juga di berbagai sistem operasi, termasuk untuk Windows)

tro, troff
Format troff atau groff, yaitu text processor (layout) yang umum digunakan di sistem UNIX.

Jika teman-teman memiliki daftar ekstensi berkas lainnya atau pertanyaan mengenai ekstensi berkas bisa mengirimkannya melalui email ke redaksi@e-smartschool.com

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Langkah Cerdik Menjadi Member Ultimate Vemma