Enam Gunung Berapi Ditemukan di Perairan Sangihe Talaud

Senin, 26 Juli 2010
Pemerintah Indonesia menemukan enam gunung berapi di bawah permukaan laut Perairan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara. Penemuan itu berkat penelitian yang dilakukan kerja sama antara Pemerintah RI dan Amerika Serikat selama 40 hari, yakni sejak 24 Juni lalu hingga 8 Agustus mendatang.
Hanya saja dari keenam gunung tersebut, masih enam yang sudah diberi nama, yakni Gunung Kawio dan Gunung Naung. Gunung Kawio berada di bagian paling utara perairan tersebut dengan ketinggian sekitar 3400 meter. Jarak antara puncak gunung ke permukaan laut setinggi 2.000 meter. Sehingga kedalaman laut secara keseluruhan mencapai 5.400 meter.
Sedangkan Gunung Naung hingga saat ini belum diketahui tinggi, namun dipastikan lebih rendah dari Gunung Kawio. Sementara keempat gunung lainnya belum diberi nama dan ketinggiannya pun juga belum dihitung.
Pihak Pemerintah RI, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyatakan kemungkinan adanya temuan gunung baru. Hal itu tidak lepas dari kondisi iklim di Indonesia berada pada iklim tropis yang menyebabkan laut Indonesia memiliki keragaman hayati laut yang sangat tinggi.
"Sangat mungkin ada penambahan, karena pencarian masih terus berjalan," kata Ketua Tim Peneliti indonesia, Sugiarta kepada wartawan saat telepresent, di Gedung
Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Ancol, Jakarta, Senin (26/7) malam. Dalam penelitian itu, sekitar 30 saintis asal Indonesia bersama-sama dengan peneliti asal Amerika terus mengoperasikan pencarian di dalam laut.
Menurut Sugiarta, dari hasil riset alat pendeteksi canggih itu diketahui bahwa kondisi suhu di gunung berapi bawah laut itu sangat panas. "Setelah dideteksi melalui CTD (conductivy temperatur deept), memang ada perbedaan suhu," lanjut Sugiarta yang juga diamini Bambang Hairunadi, anggota tim riset yang mendampinginya.
Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mengungkapkan kekagumannya terhadap penemuan itu. Hasil penelitian itu, kata dia, menakjubkan karena belum pernah ada peneliti di Indonesia yang melakukannya. "Hasilnya luar biasa, karena ternyata banyak gunung-gunung berapi di Sulawesi," kata Fadel.

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Langkah Cerdik Menjadi Member Ultimate Vemma