Google di Keroyok!!

Rabu, 24 November 2010

Kemarin, Microsoft dan Yahoo! menandatangani perjanjian kerjasama. Isi kesepakatan utamanya adalah Microsoft lewat mesin pencari terbarunya, Bing, menangani layanan pencarian di Yahoo. Sebaliknya, Yahoo! menangani periklanan premium.
Google dikeroyok?
Kesepakatan ini bisa jadi akan mengubah peta pasar penggunaan layanan mesin pencarian serta iklan online yang selama ini dikuasai Google. Padahal kue iklan online merupakan salah satu penopang utama kelangsungan bisnis internet mereka. Kesepakatan ini terjadi setelah dua bulan peluncuran Bing, search engine baru milik Microsoft.
Bing seperti ditulis Mas Aan Sukandar memiliki sejumlah kelebihan. Antara lain pengguna Bing bisa fitur menuju situs tujuan hanya dengan satu kali meng-klik dan kemampuan untuk melihat lebih banyak informasi tanpa harus membuka link tambahan.
Perjanjian Microsoft dan Yahoo! ini akan berlangsung dalam jangka 10 tahun dan kemungkinan baru mulai dilaksanakan tahun 2010. Perjanjian ini menjadi babak baru setelah beberapa waktu sebelumnya Microsoft sempat berniat membeli Yahoo!.
Pendapat saya pribadi, sekalipun bergabungnya kedua kekuatan besar tersebut untuk melawan dominasi Google yang menguasai 65 persen pengguna layanan mesin pencari dan juga dominan dalam pendapatan iklan onlinenya, saya kira Google akan tetap unggul. Pasti Google tidak akan tinggal diam dan akan menelurkan inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan tersebut.
Di sisi lain, ini juga menunjukkan seriusnya Microsoft dengan Bing-nya. Sebaliknya Yahoo akan fokus meningkatkan pendapatannya dari iklan yang diperkirakan berkat kerjasama tersebut akan meningkatkan penghasilannya sampai 500 juta US dollar dalam setahun.
Namun bila benar menjadi kenyataan Bing perlahan menggantikan dominasi Google, bisa jadi pada kontes-kontes SEO yang diadakan selanjutnya, jurinya tidak lagi berasal dari google seperti yang dilakukan kontes seo stop dreaming start action. Mungkin Bing sebagai pengganti jurinya.
Namun menarik ditunggu apa langkah Google selanjutnya untuk menjawab tantangan kedua perusahaan besar tersebut.
Kalau menurut pandangan anda, bagaimana masa depan Google pasca-perjanjian Yahoo! dan Microsoft ini? Apa yang seharusnya dilakukan Google? Atau apa juga yang seharusnya dimaksimalkan Microsoft dan Yahoo! agar harapannya dalam melakukan kerjasama ini bisa tercapai?

0 komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Langkah Cerdik Menjadi Member Ultimate Vemma